Airlangga Sebut Golkar Masih Cari Kandidat untuk Pilkada Jawa Tengah 2024

 

Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, masih menggodok beberapa nama bakal calon kandidat kepala daerah potensial untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah alias Pilkada 2024. 

Diketahui, Golkar telah menugaskan beberapa nama calon kandidat, seperti di Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, dan Sumatera Utara. Sementara untuk Jawa Tengah, Airlangga mengatakan peluang nama calon kandidatnya masih terbuka. “Jawa tengah masih terbuka,” ujar Airlangga.

Pernyataan itu disampaikan dia dalam acara deklarasi dukungan Pengajian Al Hidayah dan Himpunan Wanita Karya (HWK) di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Ahad, 7 April 2024. Kedua Ormas itu mendukung kembali dirinya menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2024-2029.

Airlangga menuturkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan salah bakal calon yang akan maju dalam Pilkada Jawa Barat. Selain itu, Ridwan Kamil berpeluang maju dalam Pilkada Jakarta bersama kader Golkar lainnya, yakni Ahmed Zaki Iskandar dan Erwin Aksa.

"Jabar salah satunya adalah Ridwan Kamil," kata Airlangga.

Pada Pilkada Banten, Airlangga bulat menugaskan mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk maju. Sementara di Jawa Timur, terdapat mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

"Banten kita sudah bulat kepada Ibu Airin. Jawa Timur juga Ibu Khofifah," kata Airlangga.

Sedangkan di Provinsi Sumatera Utara, yang berpeluang menjadi bakal calon gubernur, yaitu menantu Presiden Joko Widodo yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023 serta Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah alias Ijeck.

"Sumut tentu kemarin Mas Bobby hadir (di acara pengarahan kepala daerah kader Partai Golkar). Tentu sudah diberikan surat penugasan juga dan juga disana juga diberikan surat kepada Wakil Gubernur sekaligus Ketua DPD Sumut yaitu saudara Musa Rajekshah," kata Airlangga.

Partai Golkar sebelumnya mengadakan agenda pertemuan dengan calon-calon kepala daerah yang telah mendapatkan surat penugasan. 

Agenda tersebut dilakukan pada Sabtu, 6 April 2024. Menurut pengakuan Airlangga, terdapat total 1164 calon kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, maupun wali kota yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Sumber : Tempo 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel