RK Ngaku Pernah Dicurhati Jokowi soal Simbol Penjajah di Istana Merdeka

 

Jakarta - Kurator Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ridwan Kamil, mengaku pernah dicurhati Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang ornamen Istana Merdeka yang punya makna budaya barat. Dia menyebut ornamen-ornamen itu simbol penjajah.

"Bapak Presiden Jokowi itu, mohon maaf ya saya cerita, beliau pernah curhat ke saya dalam suatu kesempatan. Tiap menerima kepala negara dari Eropa, di Istana Merdeka itu, suka diceramahin 'Pak Jokowi tahu nggak? ini itu artinya anu-anu', karena Istana Merdeka kan budaya barat. Jadi selama ini sampai hari ini ya, bangsa yang luar biasa ini, istananya masih dengan simbol-simbol penjajah," tutur Ridwan Kamil saat rapat koordinasi Otorita IKN di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024).

Emil pun menilai pembangunan IKN dapat menjadi momentum perubahan konsep Istana Merdeka. Dia menyebut kini pembangunan Istana Merdeka di IKN akan dipenuhi dengan nuansa kekayaan budaya Nusantara.

"Nah di sinilah kesempatan, nanti istana kita mewakili harga diri kita, martabat kita, semua kekayaan Nusantara nanti tumplek, interiornya terekspresikan. Itu janji kami yang saya sangat banggakan," terang Emil.

"Kalau bapak (hadirin) nanti masuk ke Istana Negara, semua budaya ngumpul di situ. Ada ekspresi Papua di dindingnya, ada ekspresi Jawa di langit-langitnya, ada ekspresi Sunda di pola lantainya, ada ekspresi budaya Minang di ruang kenegaraan. Kan nggak pernah ada seperti ini ya? Itu ada disini (IKN) Pak," sambungnya.

Dia juga mengaku sangat antusias dalam mengerjakan pembangunan IKN. Dia memastikan semua yang terlibat dalam pembangunan IKN benar-benar total dalam pengerjaannya dengan berbagai ilmu yang dimiliki.

"Saya belum pernah dalam sejarah republik ini kerja siang malam, berinovasi, dikejar waktu, mewujudkan tahap satu dengan luar biasa. Pak Danis, mewakili Pak Menteri dan lain-lain, saya saksi hidup, bersaksi tim PUPR dari sisi membangun, waduh semua ilmu diturunkan. Dari ilmu nyata sampai gaib, semua hadir disini, kejar setoran 17 Agustus tercapai," papar Emil.

"Coba, saya bayangkan sebagian dari kita ke sana nanti menetaskan air mata, percaya sama saya, luar biasa. Saya nggak bisa ceritakan disini, harus melihat 'wow' nya itu di sana," imbuhnya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel