Kronologi Anggota Basarnas Tewas Jatuh Saat Evakuasi Warga Coba Bunuh Diri

 

Jakarta - Anggota Basarnas Jayapura bernama Tri Sudarno tewas terjatuh dari tower saat mengevakuasi warga yang hendak bunuh diri di Jayapura, Papua.

Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo mengungkap kronologi insiden nahas ini.
Adapun kabar meninggalnya Tri Sudarsono dikonfirmasi oleh Polda Papua. "Tri Sudarno meninggal dunia setelah terjatuh dari salah satu tower," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Kamis (14/3/20224).

Insiden bermula saat tim Basarnas menerima laporan warga berinisial TY (21) berusaha bunuh diri dengan memanjat tower di Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/3). Tim Basarnas langsung meminta Tri melakukan penyelamatan sebab TY menolak turun meski telah dibujuk petugas.

"Saat evakuasi, TY melakukan perlawanan dan akhirnya keduanya terjatuh dari tower. Tri Sudarno mengalami patah tulang di bahu dan tangan kanan serta cedera kepala yang fatal," katanya.

Korban sendiri langsung dilarikan ke RS Yowari untuk bisa mendapatkan pertolongan. Namun korban dinyatakan meninggal dunia. Sementara pelaku yang hendak bunuh diri masih dirawat.

Sementara itu, Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo mengungkap Tri Sudarno terjatuh lantaran didorong oleh korban. Tri Sudarno jatuh dari ketinggian antara 40-30 meter.

"Jadi kemarin sore, Bu, tim kita yang ada di Jayapura itu melaksanakan operasi penyelamatan orang yang mau bunuh diri di tower-nya Telkomsel ya, dengan ketinggian antara 40-30 meter," kata Kusworo dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Kamis (14/3/2024).

Ia menyebutkan ada satu tim yang naik tower itu untuk membujuk korban. Ketika sudah turun di ketinggian 15 meter, tiba-tiba seseorang yang ditolong justru mendorong anggota Basarnas.

"Satu tim naik, dirayu, dibujuk, dan sebagainya. Sampai turun sekitar 15 meter, tapi di luar dugaan si korban ini dorong daripada tim kami sehingga jatuh bersama dan pada akhirnya dinyatakan meninggal 1 orang itu juga tim kami," katanya.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel