Jokowi Cerita Obama Heran BPJS Kesehatan Bisa Jalan di RI

 

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita dia pernah mendapatkan pertanyaan langsung dari Barrack Obama waktu masih jadi Presiden Amerika Serikat (AS) soal layanan BPJS Kesehatan.

Jokowi bilang Obama heran jaminan dan layanan kesehatan terjangkau seperti BPJS Kesehatan bisa berjalan dengan bagus di Indonesia, sedangkan program Obamacare yang dibesutnya di AS malah jalan di tempat.

"Tadi saya cerita ke pak Dirut, saya dulu pernah ditanya dua tiga kali oleh Presiden Obama, itu tapi di awal 2015 saat itu, saya belum bisa cerita sebangga ini saat itu. Dia tanya kenapa BPJS, jaminan kesehatan di Indonesia berjalan dengan baik, sedangkan Obamacare di Amerika kok ndak begitu," cerita Jokowi dalam sambutannya, Jumat (1/3/2024).

Saat itu, dia mengatakan dirinya belum bisa membandingkan apa kelebihan BPJS Kesehatan. Namun, sekian tahun melihat langsung praktik di lapangan, Jokowi mengambil kesimpulan BPJS Kesehatan memang memiliki banyak perbedaan.

Pertama, Jokowi menjelaskan di Indonesia sistem layanan kesehatan dimulai dari unit terkecil, yaitu Puskesmas. Hal itu membuat beban operasional lebih ringan karena tak semua keluhan kesehatan masyarakat dibawa langsung ke rumah sakit.

"Di sini menurut saya pertama, ada rujukan Puskemas. Di Amerika kan nggak ada Puskesmas, langsung ke rumah sakit, sehingga beban langsung ke rumah sakit. Di sini ditahan ke Puskesmas baru kalau berat ke rumah sakit," papar Jokowi.

Kemudian, perbedaan yang kedua adalah di Amerika terlalu banyak melayani populasi tua yang penyakitnya otomatis lebih banyak daripada populasi muda. Struktur kependudukan di Amerika populasi tuanya sudah jauh lebih banyak.

Sedangkan di Indonesia, umumnya yang ditangani adalah usia produktif dengan penyakit yang tidak begitu parah. Maka dari itu, beban BPJS Kesehatan dinilai Jokowi tidak terlalu besar.

"Kedua mengenai aging population, di kita masih banyak tenaga bonus demografi, usia produktif terbanyak sehingga beban BPJS itu menjadi lebih ringan daripada Amerika. Saya bandingkan, oh ini bedanya," kata Jokowi.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel