Ganjar Klaim Bakal Legawa Apapun Putusan MK soal Gugatan Pilpres

 

Jakarta - Ganjar Pranowo mengaku bakal legawa dengan apapun keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan hasil Pilpres 2024. Ia menyatakan hanya ingin meluruskan proses pemilu dengan baik lewat MK.

"Kami hanya ingin mendudukkan saja proses ini dengan baik. Apapun keputusannya kita akan legawa," kata Ganjar dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Mantan gubernur Jawa Tengah itu mengatakan MK akan jadi benteng terakhir baginya dan publik untuk meluruskan dugaan kecurangan pemilu. Selama sebulan terakhir, dia mengaku telah berkeliling ke banyak daerah bersama Mahfud.

Ganjar mengaku mendapatkan cerita yang seragam soal dugaan kecurangan di Pilpres 2024. Bahkan, kata dia, kecurangan itu sudah tampak sejak sebelum pemungutan suara pilpres pada 14 Februari 2024.

"Kami juga komunikasi dengan parpol pengusung, saksi, apakah cerita itu ada? Dan ternyata relatif punya kemiripan. Mulai proses seleksi capres cawapres, sampai proses putusan MK (perkara) 90. Awal cerita inilah yang kemudian rasanya proses pemilu menjadi pertanyaan banyak pihak," ucap dia.

Sementara, Tim Hukum Ganjar-Mahfud telah menyiapkan 30 saksi dan 10 ahli dalam rencana gugatan ke MK.

Deputi Hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, mengatakan gugatan rencananya akan mereka layangkan di hari terakhir batas waktu pendaftaran. Adapun Ganjar memiliki waktu tiga hari sejak KPU menetapkan hasil pilpres pada Rabu (20/3).

"Kita ada saksi mungkin 30. Tapi tergantung MK akan menerima semua saksi, kita punya ahli ada 10, kembali kepada MK," ucap Todung, Rabu.

Pada Rabu malam, KPU menetapkan Prabowo dan Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Pasangan itu meraih 96,2 juta suara atau 58,5 persen dari total suara sah.

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara atau 24,94 persen dari total suara sah. Anies-Cak Imin menang di dua provinsi, yakni Sumatera Barat dan Aceh.

Sedangkan Ganjar -Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara atau 16,46 persen dari total suara sah. Ganjar-Mahfud tak menang di satu provinsi pun.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel