TPN Ganjar soal Survei Indikator: Di Internal, 2 dan 3 Lolos ke Putaran Dua

 

Jakarta - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei jelang pemungutan suara, di mana Prabowo dan Gibran menempati urutan pertama, disusul Anies-Muhaimin (AMIN) kemudian pasangan nomor urut 3 Ganjar dan Mahfud Md. Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid, optimis pasangan calon 3 lolos ke putaran kedua.

"Kalau survei memang survei tuh ada macem-macem survei, ada survei yang konvensional dan tradisional, yang menggunakan metode tradisional, datang ke orang yang akan di survei, nah itu rentan. Rentan keliru membaca karena lama pengumpulan datanya, lalu kemudian juga bisa juga terjadi rekayasa, jadi kita sendiri sudah tidak menggunakan metode itu untuk mengukur suhu di masyarakat," kata Yenny Wahid usai perayaan Imlek di Restoran Empurau, Jembatan Lima, Jakarta Barat, Jumat (9/2/2024) malam.

Yenny menyebut TPN Ganjar-Mahfud menggunakan metode triangulasi yang terdiri dari beberapa variabel penghitungan. Ia menyebut dari survei internal Ganjar-Mahfud termasuk pasangan yang memimpin.

"Nah, kalau di survei itu justru kita termasuk leading, tidak ada yang akan menang satu putaran. Jadi jelas, hasil survei itu waktunya terlalu mepet untuk bisa dipaksakan ada satu pemenang satu putaran, tapi kita nggak tahu ya, namanya keajaiban untuk kelompok 03 bisa saja terjadi kalau rakyat berkehendak," kata dia.

Yenny optimis Ganjar dan Mahfud akan masuk ke putaran kedua. Yenny menyebut ada peluang pasnagan nomor urut 2 (Prabowo-Gibran) dan Paslon 03 (Ganjar-Mahfud) akan lolos ke tahap berikutnya.

"Yang jelas bahwa untuk Paslon yang akan masuk dari hasil survei internal itu 02 dan 03. Jika sudah begitu, kita lebih percaya diri. Putaran kedua akan sangat berbeda sekali dinamikanya," kata dia.

Survei Indikator Politik Indonesia
Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei peta elektoral di akhir masa kampanye. Hasilnya, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumimg Raka menempati posisi pertama dengan elektabilitas 51,8 persen.

Survei dilakukan dalam periode 28 Januari hingga 4 Februari 2024 dengan total 1.200 responden. Adapun penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei Pilpres 2024, Prabowo-Gibran berada di peringkat pertama dengan 51,8 persen, sementara Anies-Muhaimin di posisi kedua dengan 24,1 persen serta Ganjar-Mahfud 19,6 persen. Burhanuddin menyebut selisih antara AMIN dan Ganjar-Mahfud tidak signifikan.

Sumber : detiknews 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel