Survei Indikator Politik: Prabowo-Gibran Unggul 56,2 Persen di Jatim

 

Jakarta - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur dengan perolehan 56,2 persen.
Posisi kedua diduduki Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 19,9 persen. Lalu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan 15,7 persen. Terdapat 8,2 persen responden yang tidak tahu/tidak menjawab dalam survei ini.

Survei digelar secara tatap muka di Jawa Timur pada 14-19 Januari 2024. Jumlah sampel pada survei ini ada 810 orang yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur yang terdistribusi secara proporsional.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini sekitar ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Jika pilihan paslon ditelaah menurut demografi dan wilayah, Anies-Muhaimin mendominasi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur XI.

Sementara itu, Prabowo-Gibran unggul di Jawa Timur I, Jawa Timur II, Jawa Timur III, Jawa Timur IV, Jawa Timur V, Jawa Timur VI, Jawa Timur VII, Jawa Timur VIII, Jawa Timur IX, dan Jawa Timur X. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud tidak mendominasi di dapil manapun.

Jumlah pemilih kuat atau pemilih yang mengaku kecil kemungkinan berubah pilihan paling tinggi diraih Prabowo dengan 85,6 persen. Disusul Ganjar 81,6 persen dan Anies 77,7 persen.

"Pemilih kuat mas Anies itu lebih kecil, di Jawa Timur ya, dibanding pemilih kuat pak Prabowo atau mas Ganjar," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam rilis survei 'Preferensi Warga NU dan dinamika elektoral di Jawa Timur' secara daring, Kamis (1/2).

Perolehan elektabilitas Prabowo-Gibran pada survei teranyar ini mengalami peningkatan signifikan yakni naik 9,2 persen dari perolehan 47 persen pada hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 21-31 Desember 2023 lalu.

Sementara itu, Anies-Muhaimin pada survei kali ini mengalami penurunan sebanyak 0,9 persen dari 16,6 persen dan Ganjar-Mahfud turun 4,8 persen dari 24,7 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran juga tercatat unggul di tingkat nasional. Survei LSI Denny JA pada Januari 2024 mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran menembus angka 50,7 persen.

Pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 22 persen dan pasangan Ganjar-Mahfud mendapat 19,7 persen.

Sementara survei Political Weather Stations (PWS) menyatakan pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan angka 52,3 persen. Lalu, Anies-Cak Imin mengungguli pasangan Ganjar-Mahfud dengan masing-masing 21,3 persen dan 19,7 persen.

Sumber : CNN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel