Sandiaga Bicara Keberlanjutan: Jangan Ganti Pemerintahan, Ganti Kebijakan

 

Bogor - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan saat ini sedang menyiapkan tim transisi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Kemenparekfraf). Sandiaga akan memimpin tim ini untuk memastikan program di sektor wisata saat ini dilanjutkan oleh pemerintahan baru mendatang.

"Ya, jadi harapannya karena apa yang disampaikan rakyat Indonesia di tengah pemilu ini adalah keberlanjutan, kontinuiti, maka kita akan menyiapkan tim transisi dari direktorat kebijakan strtegis akan melakukan langkah-langkah membentuk tim yang melibatkan stakeholder," kata Sandiaga kepada wartawan usai jadi pembicara di School of Government and Publik Policy (SGP) di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/2/2024).

Sandiaga mengatakan tim transisi itu nantinya akan fokus dalam keberlanjutan program di sektor wisata yang bermanfaat untuk masyarakat. Dia berharap pemerintahan yang baru tidak banyak melakukan perubahan kebijakan.

"Sehingga jangan ganti pemerintahan, ganti kebijakan. Jangan ganti menteri, ganti priority. Jadi ini yang akan kita lakukan, dan saya siap memimpin tim ini untuk memastikan program-program yang dirasakan masyarakat itu bermanfaat, itu bukan diganti tapi justru ditingkatkan," imbuhnya.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf menargetkan terciptanya 6.000 desa wisata hingga 2024. Desa wisata berpotensi meningkatkan kemakmuran rakyat dan menambah pendapatan negara hingga 4,3%.

"Ya, 6.000 desa wisata ini adalah 80% dari total 80 ribu lebih desa di Indonesia, tetapi yang memiliki potensi pariwisata itu sekita 7.500 dan 80 persennya yaitu sekitar 6.000 harus kita jangkau," kata Sandiaga.

"Kita harapkan (desa wisata) dapat memberikan kontribusi sekitar 4,5% terhadap PDP kita dan bagian dalam rangka penciptaan total 4,4 juta lapangan kerja. Karena di desa wisata itulah generasi muda kita menciptaka inovasi-inovasi dan juga kreasi dan akan menambah peluang dari desa wisata tersebut untuk menambah kemakmuran," imbuhnya.

Sandiaga menyebut angka kunjungan ke desa wisata meningkat 30% pascapandemi. Beberapa desa wisata di Gunungkidul dan Bangli Provinsi Bali telah diakui dunia sebagai desa wisata terbaik.

"Jadi capaian-capaian ini yang harus kita dorong terus," ucapnya.

Dia mengatakan akan tetap fokus menyelesaikan tugasnya hingga masa akhir jabatannya di Oktober mendatang. Ia berharap Kemenparekraf tetap miliki konsep berkelanjutan sesuai keinginan rakyat, meski ia tidak lagi dipilih jadi menteri.

"Saya nggaK akan terjebak untuk menjawab siap atau tidak siap (jika kembali ditunjuk jadi menteri lagi), tapi saya akan tuntaskan di akhir Oktober ini sehingga nanti para direktur, deputi, yang bertugas bisa membawa sebuah konsep keberlanjutan seperti apa yang diinginkan oleh rakyat Indonesia," pungkas Sandiaga.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel