Respons Istana soal Peran Jokowi di Pemerintahan Baru

 

Jakarta - Menko Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mempunyai peran dalam pemerintahan yang baru. Mensesneg Pratikno merespons hal itu dengan bicara kewenangan dari presiden baru dalam menyusun kabinet.

"Kan tahu aturannya bahwa kabinet disusun oleh presiden. Kabinet ke depan, yang nyusun ke depan, presiden ke depan," kata Pratikno kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (27/2/2024).

Pratikno menjawab hal yang sama saat ditanya mengenai keterlibatan Jokowi dalam penyusunan kabinet periode 2024-2029. Pratikno mengatakan penyusunan menteri periode selanjutnya merupakan hak prerogatif presiden.

"Kabinet urusannya presiden, kan selalu itu prerogatif presiden," ujar Pratikno.

"Nah iya, kabinet mendatang urusannya presiden mendatang," sambung dia.

Airlangga sebelumnya memastikan bakal ada peran Jokowi di pemerintahan yang akan datang. Namun, dia tidak mengungkap jelas seperti apa bentuk keterlibatan Jokowi dalam pemerintahan periode 2024-2029.

"Tentu akan ada perannya tapi kita tunggu," kata Airlangga kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Airlangga juga menjawab soal anggapan Jokowi terlalu cawe-cawe terhadap pemerintahan akan datang, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang kini unggul versi hitung cepat dan real count sementara KPU. Airlangga meminta semua pihak untuk menunggu keputusan KPU.

"Kita tunggu keputusan KPU," ujar Airlangga.

Sumber : detik 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel