Prabowo Menang di Quick Count, Ini Respons Ganjar, Mahfud dan Anies

 

Jakarta - Kubu Prabowo-Gibran masih di atas angin karena unggul sementara di hasil perhitungan cepat atau quick count dan real count KPU. Hingga Jumat (16/2/2024) malam, dari 6 lembaga survei, pasangan nomor urut 2 tersebut berhasil meraup sekitar 58% suara dan berpeluang menang hanya dengan 1 putaran saja.

Menanggapi hal itu, Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi santai. Anies menyatakan bahwa dia masih menunggu hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita tunggu sampai perhitungan KPU selesai, jangan buru-buru masih panjang, santai," ungkap Anies dikutip Sabtu (17/2/2024).

"Sebelum what's next kita lihat sampai selesai dulu semua, jangan buru-buru simpulkan kita hormati proses KPU sampai semua selesai," imbuhnya.

Anies mengaku bahwa dia tetap berpikir positif. Dia pun tak terlalu panik melihat angka persentase suara Prabowo-Gibran di quick count yang sampai 58%.

"Selalu positif dari dulu positif. Kita lihat dulu nanti sekarang masih terlalu awal," sebutnya.

Pasangan Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menganggap masih ada peluang Pemilihan Presiden (Pilpres) berlangsung dua putaran.

Semua pendukung diminta tetap tenang dan tidak terprovokasi atas berita perayaan kemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count.

"Semua harap jaga suara jaga TPS lanjutkan pengawalan suara sampai akhir melalui KPU. Jangan lengah, terprovokasi, jangan terhipnotis pada berita yang dimainkan," kata Cak Imin dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/2/2024)

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pun ikut merespon hasil quick count dan menilai ada banyak pelanggaran dalam proses Pemilu 2024. Ia mencontohkan kasus yang terjadi di Desa Gunung Kesan, Karang Penang, Sampang, Madura, Jawa Timur.

"Masalahnya banyak sekali pelanggaran yang sangat signifikan yang menggerus integritas pemilu. Contohnya kalau Anda lihat di Madura ada laporan bahwa satu desa itu penduduknya tidak mendapat panggilan mencoblos dan kertas suara sudah dicoblos 02," kata Ganjar ditemui di tempat pemantauan quick count, jalan Teuku Umar, sebelum ia beranjak pulang, Rabu (14/2/2024).

Ganjar mengatakan pihaknya akan menginvestigasi isu ini lebih lanjut. Selain itu, Ganjar juga mengatakan ada laporan banyak warga negara di London yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

"Ada banyak sekali hal-hal semacam ini," ujarnya.

Tidak ketinggalan, Calon wakil presiden nomor urut 03, Mahfud MD, akhirnya buka suara selepas pemungutan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Mahfud menekankan soal demokrasi.

Seperti dikutip dari akun X resminya, Jumat (16/2/2024), Mahfud mengatakan, pemilu telah selesai.

"Tinggal menunggu hasil akhirnya," tulisnya.

Mahfud lantas mengingatkan agar kita tidak boleh lelah mencintai Indonesia. Perjuangan membangun demokrasi dan keadilan harus kita lanjutkan.

"Memperjuangkan demokrasi dan keadilan tanpa kenal lelah adalah beyond election yang tak dibatasi oleh pemilu yang periodik," tulisnya.

Sumber : CNBC 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel