Asus Rilis Zenbook 14 OLED UX3405: Laptop AI Pertama di Indonesia

 

Komputer - Asus, perusahaan teknologi global terkemuka, baru-baru ini merilis laptop terbarunya di Indonesia, Zenbook 14 OLED (UX3405).

Menariknya, laptop ini menjadi laptop AI (Artificial Intelligence) powered pertama yang diperkenalkan oleh Asus di Indonesia.

Zenbook 14 OLED mengusung prosesor Intel Core Ultra series yang dilengkapi Neural Processing Unit (NPU).

NPU ini bertanggung jawab untuk mengambil alih komputasi AI dari CPU dan GPU, menjadikannya lebih efisien dalam mengolah perangkat lunak yang membutuhkan pemrosesan AI.

Menurut Riandanu Utomo, Technical PR Asus Indonesia, penggunaan NPU memberikan efisiensi yang tinggi dalam pemrosesan AI.

Laptop ini diharapkan mampu menghadirkan kinerja yang optimal dalam aplikasi dan fitur yang memanfaatkan teknologi AI.

Salah satu fitur AI yang dihadirkan dalam Zenbook 14 OLED adalah AiSense Camera.

Fitur ini terintegrasi dengan Windows Studio Effects dari Windows 11 dan mencakup berbagai fitur seperti Background Blur, Eye Contact Correction, Automatic Framing, dan lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh webcam laptop, membawa pengalaman video call dan konferensi ke level yang lebih tinggi.

Keunggulan lain dari Zenbook 14 OLED adalah layar OLED 14 inci dengan resolusi 3K yang dinamakan Lumina OLED.

Layar ini menawarkan resolusi 2880x1800 pixel, tingkat kecerahan hingga 600 nits, rasio 16:10 untuk meningkatkan produktivitas, serta desain bezel tipis dan rasio screen-to-body sebesar 87%.

Dengan dimensi yang ringkas dan bobot hanya 1,2 kg, Zenbook 14 OLED tetap memberikan pengalaman pengguna yang ringan dan portabel.

Laptop ini dilengkapi dengan baterai 75Wh yang tidak hanya besar kapasitasnya tapi juga menawarkan siklus pengisian daya hingga 20% lebih tinggi, menjamin pengguna mendapatkan daya tahan yang lebih lama.

Untuk pengisian daya, Zenbook 14 OLED mendukung pengisian daya lewat port USB-C Easy Charge.

Pengguna dapat menggunakan adaptor USB-C yang disertakan atau bahkan power bank untuk mengisi daya laptop ini.

Ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra dengan NPU, chip grafis Intel Arc terbaru, dan penyimpanan SSD hingga 1 TB, Zenbook 14 OLED menawarkan performa yang kuat untuk kebutuhan produktivitas sehari-hari.

Pilihan port yang lengkap, sertifikasi standar militer AS MIL-STD-810H, serta dua pilihan warna, Ponder Blue dan Foggy Silver, menambahkan daya tarik pada laptop ini.

Zenbook 14 OLED tersedia dalam dua varian, yaitu Core Ultra 7 dan Core Ultra 5, dengan pilihan RAM 32GB dan 16GB LPDDR5X.

Laptop ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 17.299.000 untuk varian Core Ultra 5 (16GB) hingga Rp 21.299.000 untuk varian Core Ultra 7 (32GB) dengan layar sentuh.

"Sejak awal, Zenbook hadir untuk menunjang produktivitas penggunanya, khususnya mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Zenbook 14 OLED (UX3405) yang kini telah ditenagai oleh AI telah membuktikan bahwa mobilitas dan produktivitas dapat hadir bersama," kata Jimmy Lin, Regional Director, Asus Southeast Asia.

Sumber : akurat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel