5 Amalan di Malam Nisfu Syaban, Perbanyak Zikir dan Doa

 

Jakarta - Malam Nisfu Syaban atau malam pertengahan bulan Syaban adalah salah satu malam yang istimewa bagi umat Islam. Lantas, apa saja amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban?

Nisfu Syaban adalah hari pertengahan di bulan Syaban menjelang Bulan Ramadhan. Tahun ini, malam Nisfu Syaban jatuh pada 24 Februari 2024.

Malam ini disebut memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya adalah pengampunan dosa bagi orang-orang yang beriman.

Menukil NU Online, malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan. Di bulan ini Allah juga membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya.

Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah tertentu untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Berikut ini sejumlah amalan malam Nisfu Syaban yang dicontohkan Rasulullah SAW.

1. Memperbanyak doa

Umat Islam disunahkan untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syaban. Dalam sebuah hadis dijelaskan doa di malam Nisfu Syaban adalah doa yang tidak akan ditolak.

عن أبي أمامة الباهلي قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة، أول ليلة من رجب، وليلة النصف من شعبان، وليلة الجمعة، وليلة الفطر، وليلة النحر.

Artinya: "Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan Malam Idul Adha"

2. Memperbanyak syahadat

Amalan di malam Nisfu Syaban selanjutnya adalah memperbanyak syahadat.

Dua kalimat syahadat termasuk kalimat yang mulia. Kalimat ini sangat baik dibaca kapan dan di mana saja, apalagi pada malam Nisfu Syaban.

3. Memperbanyak salat sunah



Di malam Nisfu Syaban umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak salat sunah. Salat sunah yang dianjurkan dikerjakan di malam Nisfu Syaban antara lain, salat hajat, salat taubat, dan salat tasbih.

4. Zikir

Selanjutnya, umat Muslim juga bisa berzikir. Zikir dapat dilakukan dengan melafalkan:

- istigfar 100 kali;
- tahmid dan takbir 100 kali;
- salawat nabi 100 kali;
- dan zikir-zikir lainnya.

5. Meminta maaf

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk bertaubat dan meminta maaf kepada orang lain di malam Nisfu Syaban.

Demikian beberapa amalan yang dapat dilakukan di malam Nisfu Syaban.

Sumber : CNN 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel