Mengkonsumsi beras merah dapat memperoleh manfaat kesehatan yang optimal

        Mengkonsumsi beras merah dapat memperoleh manfaat kesehatan yang optimal

Mengkonsumsi beras merah dapat memperoleh manfaat kesehatan yang optimal

    Beras merah atau yang juga dikenal sebagai beras cokelat, adalah jenis beras yang memiliki kulit atau lapisan terluar yang masih melekat pada butir beras. Kulit pada butir beras merah ini mengandung serat yang tinggi dan nutrisi yang penting bagi kesehatan. Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang memiliki berbagai macam vitamin terutama Vit. B dan Vit. E. Manfaat beras merah lebih baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini karena beras merah kaya akan serat alami, nutrisi, vitamin, dan kandungan mineral yang tinggi. Selain itu beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan kuat, selenium, Beras merah untuk menambah stamina, menguatkan tubuh, dan cepat mengatasi kelelahan. Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang tinggi yang berguna untuk mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, rematik, atau kesemutan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui yaitu : 

  • Menjaga kesehatan jantung

Beras merah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan jantung. Serat pada beras merah membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada beras merah membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat pada beras merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat tersebut membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, beras merah juga mengandung lignan, senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko kanker usus.

  • Menjaga kesehatan kulit

Beras merah mengandung vitamin B kompleks, vitamin E, dan mineral seperti selenium dan seng, yang membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin B kompleks membantu menjaga kesehatan sel kulit, vitamin E dan selenium membantu mengurangi kerusakan sel kulit akibat radikal bebas, sedangkan seng membantu menjaga elastisitas kulit. Beras merah dapat membuat kulit lebih halus dan mengatasi alergi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Beras merah mengandung mineral penting seperti magnesium, fosfor, dan tembaga yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Magnesium dan fosfor membantu memperkuat tulang dan menjaga kepadatan tulang, sedangkan tembaga membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin yang penting untuk kesehatan tulang.

  • Menjaga kesehatan berat badan

Beras merah mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga bisa membantu menjaga keseimbangan berat badan. Serat pada beras merah membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak. Selain itu, beras merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah naik secara drastis.

  • Menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh

Beras merah mengandung antioksidan dan vitamin seperti vitamin E dan selenium yang membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan pada beras merah membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga sistem kekebalan tubuh tetap optimal.

  • Beras Merah mengandung zat angiotensin II. 

Zat inilah yang menjadikan salah satu manfaat beras merah ini mampu mengatasi penyumbatan pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Zat angiotensin II ditemukan pada lapisan beras yang terkelupas saat nasi merah diubah menjadi nasi putih. Agar lapisannya tidak terkelupas, saat menggiling beras sebaiknya menggunakan alat tradisional. Beras merah dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, hipertensi, asma, lever, dll.
      Itulah beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda mengonsumsi beras merah secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat yang seimbang, dengan menggabungkannya dengan sayuran, buah-buahan, dan sumber protein lainnya. Berikut beberapa tips untuk memasak beras merah:
  • Rendam beras merah semalaman untuk mempercepat waktu memasak.
  • Cuci beras merah sebelum dimasak untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.
  • Gunakan air lebih banyak dari pada memasak beras putih, karena beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk matang.
  • Anda juga bisa memasak beras merah bersamaan dengan bahan lain seperti sayuran atau daging, sehingga akan menghasilkan masakan yang lebih sehat dan lezat.
  • Dalam mengonsumsi beras merah, pastikan juga untuk memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsinya, karena terlalu banyak mengonsumsi beras merah juga dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan seperti diare atau sembelit.

Kesimpulannya

Beras merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung, pencernaan, kulit, tulang, berat badan, dan sistem kekebalan tubuh. Dengan memasukkan beras merah ke dalam pola makan sehat dan seimbang, maka kita dapat memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel