Internet penghubung antar perangkat komputer diseluruh dunia melalui jaringan kabel komputer

          Internet penghubung antar perangkat komputer diseluruh dunia melalui jaringan kabel komputer 

Internet penghubung antar perangkat komputer diseluruh dunia melalui jaringan kabel komputer

   Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan perangkat dan pengguna di seluruh dunia. Yang terdiri dari jutaan komputer saling berhubungan dengan Protocol yang sama dapat berkomunikasi, bertukar data dan informasi, jadi internet merupakan gabungan jaringan komputer lokal (LAN) menjadi jaringan komputer global (WAN), jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan dan bertukar informasi. Internet adalah jaringan komputer global yang terdiri dari jutaan perangkat komputer dan jaringan lokal yang terhubung satu sama lain. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP (Internet Protocol), yang digunakan untuk mengirim dan menerima informasi. Internet menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk mengatur dan mengirim data melalui jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi.
     Internet dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, data, dan informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, seperti browser web, email, chat, dan media sosial. Internet juga dapat digunakan untuk memfasilitasi transaksi bisnis, seperti e-commerce, perbankan online, dan pembayaran digital.

Sejarah Internet

    Sejarah internet bermula dari Pemerintah federal AS yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi, Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada bulan Juli 1968 mengontrak Bolt Beranek and Newman, sebuah perusahaan desain komputer di Cambridge Massachusette untuk membangun ARPANET Jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institut Penelitian Stanford UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah yang kemudian mulai dilaksanakan pada tahun 1969 dengan menghubungkan empat host komputer dengan besar bandwidth-nya 50 kbps (kilo bit per second). Tujuan utama ARPANET adalah menciptakan jaringan komunikasi yang dapat bertahan meskipun beberapa bagian jaringan rusak. Pada tahun 1980-an, ARPANET berkembang menjadi jaringan komputer yang lebih besar dan terbuka untuk digunakan oleh masyarakat umum. Pada tahun 1990-an, World Wide Web diciptakan oleh Tim Berners-Lee, yang membawa Internet ke seluruh dunia.

Bagaimana Internet Berfungsi

     Internet berfungsi dengan menghubungkan perangkat-perangkat komputer di seluruh dunia melalui jaringan kabel, satelit, dan radio. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP yang unik, yang digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan.
     Data yang dikirim melalui Internet dibagi menjadi paket-paket kecil, yang kemudian dikirim melalui jaringan ke tujuan yang tepat. Setiap paket data berisi informasi tentang alamat pengirim dan alamat penerima, sehingga data dapat dikirim dan diterima secara efisien dan akurat.
    Setiap jaringan yang terhubung ke Internet diatur oleh organisasi yang bertanggung jawab untuk mengelola alamat IP dan nama domain. Organisasi ini juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan keandalan jaringan mereka, serta memastikan bahwa data yang dikirim melalui jaringan aman dan terlindungi.
    Sebagai kesimpulan Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan perangkat dan pengguna di seluruh dunia. Internet menggunakan protokol TCP/IP untuk mengatur dan mengirim data melalui jaringan. Setiap perangkat yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP yang unik, yang digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan. Internet dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, data, dan informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, serta memfasilitasi transaksi bisnis dan aktivitas online lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel