Sejarah penting dalam perkembangan teknologi komputer generasi pertama

         Sejarah penting dalam perkembangan teknologi komputer generasi pertama

Sejarah penting dalam perkembangan teknologi komputer generasi pertama

   Komputer generasi pertama adalah sebuah mesin besar yang muncul pada akhir tahun 1940-an dan awal tahun 1950-an. Mesin-mesin ini menggunakan tabung vakum untuk memproses data dan memori magnetik untuk menyimpan data. Komputer generasi pertama sangat mahal, sulit dirawat, dan membutuhkan banyak energi listrik. Beberapa negara mengembangkan komputer karena dianggap memiliki potensi yang sangat bagus dalam teknologi oleh sebab itu beberapa negara mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer, Dan pada tahun 1941, seorang insinyur jerman - Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang. 
    Dan juga negara Inggris membuat kemajuan dalam hal pengembangan kekuatan komputer, pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia. Dan dampak dari pembuatan Colussus ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan industri komputer dikarenakan beberapa alasan yaitu:  Colossus bukan merupakan komputer general (serba guna), hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia saja. Dan keberadaan komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade. 
    Disamping itu, ada usaha dari negara Amerika Serikat pada waktu itu dan berhasil mencapai kemajuan lainnnya, yaitu seorang insinyur Harvard - Howard H.Aiken (pada tahun 1900 sampai dengan tahun 1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik, Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500mil.  The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat dengan sistem kerja membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
    Komputer pertama yang dianggap sebagai komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yang dibangun pada tahun 1945 di Universitas Pennsylvania. ENIAC berukuran sebesar sebuah rumah dan terdiri dari 17.468 tabung vakum 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.  Mesin ini memiliki kemampuan untuk melakukan 5.000 operasi per detik dan mampu memproses 20 angka desimal secara simultan. ENIAC digunakan untuk menyelesaikan persamaan diferensial, membuat tabel. Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert ( pada tahun 1919 - pada tahun 1995) dan John W. Mauchly ( pada tahun 1907 - pada tahun 1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. 
   Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
    Setelah ENIAC, mesin-mesin komputer generasi pertama lainnya muncul, termasuk mesin UNIVAC (Universal Automatic Computer) yang dibangun oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly pada tahun 1951. UNIVAC digunakan untuk pengolahan data sensus. 
     Di Inggris, komputer generasi pertama yang terkenal adalah mesin Manchester Mark I, yang dibangun pada tahun 1949 oleh Frederic C. Williams dan Tom Kilburn. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menyimpan program dan data pada memori magnetik dan dapat melakukan operasi aritmatika dan logika dasar.
    Mesin komputer generasi pertama lainnya termasuk EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) dan LEO (Lyons Electronic Office), yang dibangun oleh J.H. Lyons & Co. di Inggris pada tahun 1951. LEO merupakan mesin komputer generasi pertama yang digunakan untuk pengolahan bisnis dan administrasi.
   Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
   Mesin-mesin komputer generasi pertama ini menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan teknologi komputer dan memainkan peran penting dalam menjadikan komputer sebagai alat yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Mesin-mesin ini juga menjadi inspirasi bagi para peneliti untuk mengembangkan teknologi komputer yang lebih maju dan efisien pada masa depan.



     


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel