Pahami Jenis-jenis virus handphone dan cara mencegahnya

            Pahami Jenis-jenis virus handphone dan cara mencegahnya

Pahami Jenis-jenis virus handphone dan cara mencegahnya
   Virus handphone atau yang juga dikenal sebagai malware atau perangkat lunak berbahaya telah menjadi masalah yang semakin meningkat di seluruh dunia, terutama seiring dengan popularitas penggunaan smartphone. Virus handphone dapat merusak data pribadi pengguna, membuat telepon menjadi tidak stabil atau bahkan tidak dapat digunakan, dan memungkinkan pencurian identitas dan akses ilegal ke akun penting.
    Perangkat lunak seluler berbahaya adalah virus komputer yang dibuat secara khusus untuk masuk dalam handphone dan dirancang untuk menyebar dari satu handphone ke handphone yang lainnya, virus dapat ditransmisikan sebagai lampiran ke email atau dalam file unduhan atau sebagai bagian dari pesan jaringan yang terkirim dalam sebuah handphone yang dikenal sebagai worm. Terdapat bermacam-macam virus ada virus yang jinak ada juga virus yang sangat berbahaya, virus ini dapat menghapus data dari handphone yang sudah menyebar dan mengirim pesan palsu ataupun pesan yang dapat merugikan orang lain yang mengaku dari pemilik handphone.

 Jenis-jenis virus handphone yaitu : 

  1. Trojan, Trojan adalah virus yang berpura-pura sebagai aplikasi asli, seperti game atau aplikasi yang menarik lainnya, tetapi sebenarnya menginstal virus ke telepon Anda. Trojan dapat mencuri data pribadi Anda seperti kata sandi dan nomor kartu kredit.
  2. Worm, Worm adalah jenis virus yang menyebar melalui jaringan Wi-Fi atau Bluetooth. Worm dapat dengan cepat menyebar ke banyak perangkat, dan dapat membuat telepon Anda berjalan lebih lambat atau bahkan tidak dapat digunakan.
  3. Ransomware, Ransomware adalah jenis virus yang mengunci telepon Anda dan meminta pembayaran dalam bentuk uang atau cryptocurrency agar dapat membuka kunci telepon Anda. Jika Anda tidak membayar, maka Anda tidak dapat mengakses data Anda.
  4. Spyware, Spyware adalah jenis virus yang mengambil data pribadi Anda tanpa sepengetahuan Anda. Spyware dapat mengambil data pribadi seperti pesan teks, foto, dan data lokasi.
   Setelah mengetahui beberapa virus diatas dan mengetahui gejala handphone sudah terinfeksi virus maka sangat fatal akibatnya, oleh karena itu terdapat beberapa cara dapat membantu mencegah virus di handphone sebagai berikut : 
  • Matikan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi Anda ketika Anda tidak menggunakannya, karena virus dapat menyebar melalui koneksi Wi-Fi atau Bluetooth. Jika handphone Anda memiliki perangkat Bluetooth alangkah baiknya dialihkan ke mode tersembunyi atau tidak terlihat kecuali Anda membutuhkan untuk menerima atau mengirim pesan pastikan handphone Anda mengenal perangkat Bluetooth tersebut agar aman, hal tersebut agar mencegah perangkat Bluetooth lain menemukan handphone Anda, karena membantu melindungi handphone Anda dari worm yang menyebar menggunakan teknologi Bluetooth. 
  • Menginstal aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya dan pastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki rating dan ulasan yang baik dari pengguna lain, Sumber tepercaya dapat mencakup portal operator dan merek terkenal lainnya yang menawarkan perlindungan yang memadai terhadap virus dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Anda harus selektif dalam Install aplikasi mereka yang bermaksud untuk kepentingan pribadi mungkin dapat memalsukan tampilan sumber terpercaya. 
  • Selalu memperbarui sistem operasi pada perangkat Anda dan juga memperbarui aplikasi yang terpasang di telepon Anda.
  • Pasang aplikasi antivirus pada perangkat Anda dan pastikan aplikasi tersebut selalu diperbarui. Dengan Install aplikasi antivirus dapat mencegah virus masuk dan menyebar dalam handphone mungkin mempertimbangkan untuk mengunduh perangkat antivirus ini. 
  • Jangan membuka lampiran email atau tautan yang tidak dikenal atau mencurigakan. Anda harus berhati-hati saat seperti membuka email karena memungkinkan berisi perangkat lunak yang berbahaya pastikan lampiran berasal dari sumber yang diketahui bukan berasal dari sumber yang berbahaya atau ragu-ragu. 
  • Hubungi kantor cabang handphone tempat anda membeli dan pastikan ada kartu garansi jika handphone Anda terinfeksi virus mereka dapat membantu apakah handphone Anda terkena virus dan mencari solusi dalam memperbaiki handphone Anda. 
   Virus handphone merupakan ancaman serius bagi pengguna smartphone di seluruh dunia. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk memahami jenis-jenis virus handphone dan cara mencegahnya. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang tepat, pengguna smartphone dapat menghindari kehilangan data pribadi dan memastikan bahwa telepon mereka aman dan terlindungi dari serangan virus handphone.
    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel