Komputer generasi kedua pembawa perubahan yang signifikan dalam dunia teknologi komputer

        Komputer generasi kedua pembawa perubahan yang signifikan dalam dunia teknologi komputer

Komputer generasi kedua pembawa perubahan yang signifikan dalam dunia teknologi komputer

    Setelah kemunculan komputer generasi pertama pada akhir tahun 1940-an dan awal tahun 1950-an, pada tahun 1959, komputer generasi kedua mulai muncul. Komputer generasi kedua merupakan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, lebih andal, dan lebih hemat energi daripada komputer generasi pertama. 
   Komputer generasi kedua tepatnya pada tahun 1948 dengan temuan yang menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum yang digunakan pada komputer generasi pertama sangat berpengaruh pada perkembangan dunia teknologi khususnya komputer . Transistor lebih kecil, lebih murah, lebih andal, dan membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit daripada tabung vakum. Penggunaan transistor pada komputer generasi kedua memungkinkan mesin ini menjadi lebih kecil dan lebih cepat. Ukuran berubah drastis dari komputer pertama yang berukuran besar dapat berubah menjadi kecil dengan adanya transistor. Dengan adanya penemuan baru dalam dunia teknologi komputer sehingga dapat membantu perkembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih hemat energi dibanding dengan penemuan komputer dari yang sebelumnya.
    Teknologi yang menggunakan penemuan ini adalah Supercomputer yang diciptakan oleh IBM dengan menciptakan Supercomputer yang bernama Stretch, kemudian Sprery-Rand membuat komputer bernama Larc komputer ini dapat menangani dan menyimpan data dalam jumlah yang besar, mesin komputer ini sangat mahal biasa digunakan dalam dunia bisnis. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly, yaitu bahasa yang menggunakan singkatan dalam menggantikan kode biner yaitu hanya menggunakan angka 1 dan 0 sebagai simbol sebagai pengganti teks. 
    Komputer Generasi kedua sangat sukses dan populer digunakan di dunia bisnis komputer generasi kedua ini sepenuhnya menggunakan transistor, komputer tersebut memiliki komponen-komponen dengan fungsi seperti komputer saat ini dapat digunakan menggunakan disket 💾💾dalam media penyimpanan, printer 🖨️🖨️untuk cetak hasil yang sudah dibuat dalam komputer, memiliki memory, sistem operasi, dan juga dapat digunakan untuk program. 
   Salah satu komputer generasi kedua yang terkenal adalah IBM 1401, yang diluncurkan pada tahun 1959. Mesin ini terdiri dari sekitar 2.000 transistor dan dapat melakukan 10.000 operasi per detik. IBM 1401 digunakan secara luas di dunia bisnis dan administrasi pada tahun 1960-an.
    Komputer generasi kedua juga melihat kemunculan sistem operasi. Sistem operasi adalah program yang mengelola sumber daya komputer dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan mesin secara efisien. Salah satu sistem operasi yang terkenal pada era komputer generasi kedua adalah IBM OS/360, yang diluncurkan pada tahun 1964.
    Selain itu, pada masa ini juga mulai dikembangkan bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti FORTRAN, COBOL, dan BASIC. Bahasa pemrograman tingkat tinggi memungkinkan para pengembang program untuk menulis kode yang lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh manusia daripada bahasa mesin yang digunakan pada komputer generasi pertama. Dengan bahasa pemrograman yang fleksibel pada komputer dapat meningkatkan kinerja komputer terutama dalam bidang bisnis. 
    Komputer generasi kedua juga merupakan era pertama penggunaan jaringan komputer. Pada tahun 1969, negara Amerika Serikat meluncurkan jaringan komputer ARPANET, yang merupakan pendahulu dari internet yang kita kenal hari ini.
    Secara keseluruhan, kemunculan komputer generasi kedua membawa perubahan signifikan dalam dunia teknologi komputer. Komputer generasi kedua lebih efisien, lebih cepat, dan lebih andal daripada komputer generasi pertama, dan membawa kemajuan dalam bidang pemrograman, sistem operasi, dan jaringan komputer. Perkembangan pada era ini juga menjadi dasar bagi perkembangan teknologi komputer selanjutnya🖥️🖥️.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel