IP Address alamat unik yang terdapat pada sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan internet

           IP Address alamat unik yang terdapat pada sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan internet

IP Address alamat unik yang terdapat pada sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan internet
   Internet Protocol Address (IP Address) adalah sebuah alamat unik yang diberikan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet. IP Address digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan setiap perangkat yang terhubung ke internet. Arti lain dari IP address adalah suatu identitas numerik yang terdapat pada sebuah perangkat seperti komputer, handphone, router atau printer yang terdapat pada jaringan komputer yang menggunakan internet sebagai sarana komunikasi. Dalam berkomunikasi komputer-komputer yang terhubung membutuhkan alamat supaya data dapat ditempatkan dengan benar, IP Address tersebut menjadi identitas bagi komputer dalam mengenali komputer yang lain dalam proses pengiriman sebuah data. 

Jenis-jenis IP Address antara lain : 

  • IP Address publik, adalah alamat IP yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan internet. Setiap perangkat yang terhubung ke internet diberikan IP Address publik yang unik. IP Address publik dapat diakses dari jaringan mana pun di seluruh dunia.
  • IP Address pribadi, adalah alamat IP yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan lokal. IP Address pribadi tidak dapat diakses dari jaringan internet, karena jaringan internet hanya dapat mengenali IP Address publik. IP Address pribadi digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan lokal seperti jaringan kantor, rumah, atau sekolah.
  • IPv4 ( Internet Protokol version 4 ) , adalah versi awal dari IP address yang digunakan sejak awal jaringan internet. IPv4 terdiri dari 32 bit dan dibagi menjadi 4 bagian yang dipisahkan dengan titik. Contohnya adalah 192.168.1.1.
  • IPv6 adalah versi terbaru dari IP address yang dibuat untuk mengatasi keterbatasan IPv4. IPv6 terdiri dari 128 bit dan menggunakan format heksadesimal untuk menampilkan alamatnya.
   IP Address juga memiliki fungsi sebagai identitas dan alamat jaringan, dalam identitas IP Address merupakan sebuah nama dalam sebuah perangkat semua jaringan komputer sama, sedangkan sebagai alamat jaringan yang menunjukkan lokasi alamat sebuah perangkat digunakan untuk memudahkan mengirim data IP Address memuat keberadaannya memiliki jalur sendiri agar data dapat terkirim kepada alamat yang dituju. 
   Format IP Address, sebenarnya dalam suatu alamat IP address menggunakan bilangan biner. Namun supaya lebih mudah ditulis dan dibaca oleh manusia, maka IP address ditulis dengan bilangan 4 desimal yang masing-masing dipisahkan oleh titik. Format penulisan ini disebut sebagai dotted-decimal notation. Setiap bilangan desimal merupakan nilai dari satu oktet atau delapan bit alamat IP.
   Pembagian kelas IP address didasarkan pada dua hal, yakni network ID dan host ID. Network ID adalah bagian dari IP address yang menunjukkan lokasi jaringan komputer tersebut berada. Sedangkan host ID menunjukkan seluruh host TCP/IP yang lain dalam jaringan tersebut.
    Struktur IP Address terdiri dari empat blok angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Setiap blok dapat memiliki nilai antara 0 dan 255. Contohnya, 192.168.0.1 adalah sebuah IP Address yang terdiri dari empat blok angka. Pada IP Address publik, blok pertama menunjukkan jaringan dan blok terakhir menunjukkan perangkat di dalam jaringan tersebut. Pada IP Address pribadi, blok pertama dan kedua menunjukkan jaringan dan blok ketiga dan keempat menunjukkan perangkat di dalam jaringan tersebut.
   Bagaimana IP Address bekerja : Setiap kali perangkat terhubung ke internet, Internet Service Provider (ISP) memberikan IP Address publik yang unik untuk perangkat tersebut. Ketika perangkat ingin mengakses sumber daya di internet, seperti situs web atau layanan online, permintaan tersebut dikirim ke server dengan menggunakan IP Address publik perangkat. Setiap server memiliki IP Address publik yang unik untuk mengidentifikasi dirinya di jaringan internet. Setelah server menerima permintaan dari perangkat, server akan mengirimkan respons ke IP Address publik perangkat tersebut. Kemudian respons tersebut diteruskan ke perangkat yang meminta melalui jaringan internet.
     Sebagai kesimpulan IP Address adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan setiap perangkat yang terhubung ke internet. Ada dua jenis IP Address yaitu IP Address publik dan IP Address pribadi. IP Address publik digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan internet dan IP Address pribadi digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan lokal. IP Address bekerja dengan mengirimkan permintaan dan respons melalui jaringan internet🌏🌐 dengan menggunakan IP Address publik perangkat dan IP Address publik server.
   

   
     


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel