Tips dan manfaat makan perlahan tidak terburu-buru bagi kesehatan

              Tips dan manfaat makan perlahan tidak buru-buru bagi kesehatan

Tips dan manfaat makan perlahan tidak buru-buru bagi kesehatan
   Makan adalah kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, selain berfungsi untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh makan juga bisa menjadi momen yang menyenangkan dan menjadi sarana untuk berkumpul dengan keluarga atau teman. Namun, kita sering terburu-buru untuk makan sehingga makan menjadi hal yang tidak menyenangkan dan bahkan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu sangat penting untuk makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru menikmati makan dengan santai. Biasanya gaya hidup seseorang yang mempengaruhi dalam hal makan kecenderungan multitasking, jadwal aktivitas yang padat membuat kita sering makan dengan cepat agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mendapatkan lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi didepan komputer atau melakukan pekerjaan yang lainnya, 

terdapat beberapa tips untuk makan perlahan tidak terburu - buru :

  1. Sediakan waktu yang cukup untuk makan, usahakan luangkan waktu beberapa jam yang cukup terutama pada saat makan pagi dan siang hindari makan ditempat kerja yang sibuk atau disela-sela aktivitas yang lain
  2. Menjauhkan dari gangguan saat makan, jangan mempergunakan gawai atau menonton televisi saat makan fokus pada makanan dan nikmati makanan dengan santai. 
  3. Kunyah makanan dengan perlahan, nikmatilah rasa dan tekstur dari makanan hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran terhadap makanan yang kita makan. 
  4. Buat suasana yang aman dan tenang pada waktu makan seperti dengan mendengarkan musik yang menyenangkan atau makan makanan dengan keluarga dan teman. 
   Perlu diketahui juga makan dengan perlahan tidak terburu-buru tidak berarti bahwa makan dengan lambat yang penting makan dengan santai dan memberikan waktu yang cukup untuk proses pencernaan dan menyerap nutrisi dengan baik. Dengan begitu kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan merasakan kenikmatan makanan yang sebenarnya. Beberapa manfaat makan dengan perlahan tidak buru-buru yaitu :
  • Dapat menjaga pencernaan, makan dengan tergesa-gesa dapat menggangu proses pencernaan karena tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mengunyah makanan. Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, tubuh tidak dapat menyerap nutrisi secara optimal yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dengan Makan perlahan kita memberikan waktu yang cukup untuk proses pencernaan dan menyerap nutrisi dengan baik. 
  • Dapat mengurangi risiko obesitas, ketika kita makan dengan terburu-buru kita cenderung makan terlalu banyak dan tidak merasakan kenyang dengan cepat. Namun dengan makan secara perlahan dan menikmati makanan kita lebih mampu untuk mendeteksi rasa kenyang dan menghentikan makan sebelum makan terlalu banyak. Otak kita dapat merasakan perut kenyang setelah 20 menit, kita cenderung mengkonsumsi makan lebih banyak daripada kebutuhan sebenarnya sehingga dapat menghasilkan lemak ekstra berlebihan dalam tubuh kita. Makan dengan perlahan menangkap sinyal otak dengan efek yang tepat sehingga dapat mengatur proses penambahan berat badan dengan lebih baik. 
  • Dapat meningkatkan kesadaran, dengan makan secara perlahan memungkinkan kita untuk lebih fokus pada makanan yang kita makan, serta merasakan rasa, aroma, serta tekstur dari makanan dengan lebih baik ini dapat meningkatkan kesadaran kita tentang makanan yang kita konsumsi dan membantu kita untuk memilih makanan yang lebih sehat. Makan dengan perlahan dapat mengolah pikiran kita terasa lebih menyenangkan Sehingga dapat menyegarkan kesehatan mental kita bagus untuk revitalisasi sel-sel otak. 
   Sebagai kesimpulan makan perlahan tidak buru-buru adalah kebiasaan yang sehat tapi tidak identik dengan makan yang terlalu lama, makan dengan perlahan dan santai sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran kita terhadap makanan yang kita konsumsi, sehingga kita dapat memilih makanan yang sehat dan bergizi usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan Makan tidak buru-buru dan menikmati makanan dengan santai kita dapat menikmati makanan dengan lebih baik dan meningkatkan kesehatan tubuh jadi mulailah untuk makan dengan perlahan nikmatilah makanan dan jangan terburu-buru. 
 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel