Jenis virus pada sistem komputer

             Jenis virus pada sistem komputer

Jenis virus pada sistem komputer
    Virus komputer adalah program atau kode yang berbahaya  yang dapat mereplikasi dirinya sendiri dan menyebar dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, virus ini biasanya dibuat oleh peretas untuk tujuan yang tidak diinginkan seperti merusak data, mencuri informasi, atau mengambil kendali atas sistem komputer yang terinfeksi. Virus komputer dapat menyebar melalui email, file yang diunduh dari internet, media penyimpanan, atau melalui jaringan  yang terhubung ke komputer yang terinfeksi,virus komputer sering bersembunyi dalam program atau file. Virus komputer pertama kali muncul pada tahun 1970 - an dan semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komputer, virus ini awalnya dibuat dengan tujuan penelitian atau untuk memperlihatkan kemampuan teknologi, namun seiring dengan berjalannya waktu virus ini menjadi semakin berbahaya dan menimbulkan kerugian besar pada pengguna sistem komputer. 
     Virus pertama adalah virus sektor boot virus ini untuk mencegah salinan perangkat lunak bajakan yang telah dibuat, sebelum jaringan komputer tersebar luas sebagian besar virus menyebar dimedia yang dapat dipindahkan terutama floopy disk, pada komputer pribadi banyak pengguna bertukar informasi dan program pada disket, beberapa virus menyebar dengan menginfeksi program yang disimpan di disk sementara yang lain menginstal sendiri kedalam sektor boot disk. Virus komputer juga dapat ditularkan melalui pesan instan, virus dapat mengirim tautan alamat web sebagai pesan instan ke semua kontak di mesin yang terinfeksi. Jika penerima mengira tautan tersebut berasal dari teman dan mengikuti tautan ke Situs web virus yang dihosting di situs tersebut mungkin dapat menginfeksi komputer baru dan terus menyebar. 

Virus komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Virus boot sector adalah virus yang menyerang sektor boot pada disket atau hard disk, dan dapat merusak sistem operasi atau memblokir sistem operasi untuk mengakses data. Virus ini dapat menyebar melalui disket atau media penyimpanan lainnya.
  • Virus file adalah virus yang menyebar melalui file yang terinfeksi. Virus ini dapat menyembunyikan dirinya dalam file atau program lain, dan dapat menyebar melalui email atau jaringan.
  • Trojan horse adalah program yang tampaknya bermanfaat atau tidak berbahaya, tetapi sebenarnya mengandung kode berbahaya yang dapat membuka akses ke sistem dan data pengguna.
  • Worm adalah program yang dapat menyebar melalui jaringan dan memanfaatkan kelemahan dalam sistem untuk menyebar ke komputer lainnya. Worm dapat merusak sistem atau mencuri informasi.
  • Spyware adalah program yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pengguna sistem tanpa sepengetahuan atau izin pengguna. Program ini dapat merekam aktivitas pengguna, termasuk penggunaan internet, login dan kata sandi, dan data lainnya.
   Untuk melindungi sistem komputer dari serangan virus, pengguna harus mengikuti beberapa praktik keamanan yang baik, seperti menginstal perangkat lunak antivirus dan firewall, memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak secara teratur, menggunakan sandi yang kuat, dan menghindari membuka email atau file yang tidak dikenal. Ketika virus komputer menyebar ke sistem komputer, langkah pertama yang harus diambil adalah mematikan sistem dan mencari bantuan dari profesional keamanan jaringan atau penyedia layanan teknis. Jangan mencoba memperbaiki atau membersihkan virus sendiri, karena dapat memperparah situasi dan merusak data atau sistem.
    Kesimpulan, virus komputer merupakan ancaman serius bagi sistem komputer dan data yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, perlu bagi pengguna sistem komputer untuk memperhatikan keamanan sistem dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi sistem dan data mereka dari serangan virus.
     


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel