Jenis diabetes dalam tubuh pada umumnya

              Jenis diabetes dalam tubuh pada umumnya

Jenis diabetes dalam tubuh pada umumnya

    Diabetes adalah penyakit kronis yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah, atau kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengambil glukosa (gula) dari aliran darah glukosa sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi. Ini adalah komponen makanan karbohidrat, glukosa dapat masuk kedalam tubuh dibantu oleh hormon insulin jika tidak dibantu maka dapat menyebabkan diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif, Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas dan membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Pada diabetes kadar glukosa dalam darah meningkat karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling umum didunia,

 terdapat dua jenis diabetes tipe 1 dan tipe 2 :

  1. Diabetes tipe 1 Insulin dependen diabetes biasanya terjadi pada anak-anak dan orang muda, ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin orang dengan diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin setiap hari  karena tubuh berhenti memproduksi insulin sehingga diperlukan diet untuk mempertahankan kadar gula yang sehat, diabetes tipe 1 biasanya disebabkan oleh tubuh memproduksi antibodi tubuh yang menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas. 
  2. Diabetes tipe 2 Non insulin dependen diabetes adalah jenis diabetes yang paling umum, ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif atau tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup, orang dengan diabetes tipe 2 dapat Mengontrol kadar gula darah mereka dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan. 
   Gejala diabetes : sering buang air kecil, merasa sangat haus dan lapar, bahkan setelah makan kelelahan, penglihatan kabur, Luka sulit sembuh, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang drastis, kaki dan tangan kesemutan. Jika Anda di diagnosis sakit diabetes dokter akan memberikan saran dengan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, jika perubahan gaya hidup tidak cukup maka dokter akan memberikan resep obat-obatan untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa langkah yang dilakukan untuk mencegah diabetes : 
  • Menjaga berat bada yang sehat dan ideal 
  • Berolah raga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang 
  • Menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan karbohidrat
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi alkohol
    Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat mempengaruhi gaya dan kualitas  hidup seseorang jika tidak diobati dengan baik, namun dengan perubahan gaya hidup yang sehat, pengobatan yang tepat, pemantauan kadar gula yang teratur diabetes dapat berkurang dan diatur dengan baik. Penting bagi seseorang yang memiliki risiko diabetes seperti riwayat keluarga atau obesitas untuk menjalani tes gula darah secara teratur dan menjaga gaya hidup yang sehat, diabetes bukan berarti mengubah seluruh hidup seseorang dengan pengelolaan yang baik seseorang dengan diabetes dapat menjalani kehidupan yang sehat. 
   


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel